Musik Upbeat Membuat Anda Bersemangat Saat Olahraga

Sep 11th

Penelitian menyebutkan bahwa orang-orang lebih bersemangat melakukan olahraga ketika mendengarkan musik bertempo cepat atau upbeat. Jenis olahraga tersebut berhubungan dengan sesi latihan yang intens, singkat, dan berulang yang dipisahkan oleh periode istirahat, dan dapat menjadi tantangan bagi mereka yang jarang berolahraga.

HIIT sendiri merupakan latihan yang efisien dalam segi waktu dan memberikan manfaat bagi orang dewasa yang kurang aktif. Salah satu kekurangan latihan ini adalah tidak terlalu populer, sehingga membuat orang malas melakukannya.

Penelitian membuktikan

Penelitian yang diterbitkan di jurnal ilmiah Psychology of Sport and Exercise menunjukkan bahwa musik upbeat dapat membuat latihan terasa lebih mudah. Musik jenis ini juga dapat memotivasi orang yang tidak aktif untuk mulai berolahraga.

Penelitian tersebut bekerja sama dengan Costas Karageorghis, seorang ahli musik dan olahraga dari Brunel University London untuk memilih tiga jenis lagu yang digolongkan sebagai lagu yang dapat memotivasi.

Orang-orang yang ikut serta dalam penelitian tersebut menyatakan bahwa mereka lebih merasa bersemangat untuk melakukan latihan HIIT saat musik dimainkan. Denyut jantung dan kinerja mereka juga meningkat selama berolahraga, sejalan dengan musik yang dimainkan.

Selain tempo dan beat musik yang dipilih, peneliti percaya bahwa lirik musik yang bermotivasi ikut berperan dalam meningkatkan dan meneruskan kelanjutan latihan.

Penelitian yang dilakukan pada olahraga dengan intensitas rendah seperti jogging menemukan bahwa musik mempunyai efek mengelabui seseorang dari rasa sakit atau tidak nyaman yang dirasakan saat sedang berolahraga. Dengan adanya musik yang membangun semangat, seseorang akan merasa bahwa ia tidak sedang melakukan aktivitas yang berat.

Faktanya, musik jenis upbeat dapat membuat seseorang lebih bersemangat, sehingga meningkatkan kecepatan dalam berolahraga. Tubuh akan lebih mudah untuk diajak bergerak dibandingkan apabila tidak mendengarkan musik.

Pada olahraga HIIT, terlihat bahwa musik akan lebih efektif bila memiliki tempo yang cepat dan sangat memancing motivasi.

Seorang instruktur zumba juga mengatakan bahwa musik dapat mendorong orang lebih aktif untuk berolahraga, terlebih apabila irama musik sejalan dengan gerakan latihan atau olahraga yang dilakukan.

Tak heran, banyak instruktur olahraga yang membuat kompilasi lagu yang dipercaya akan sesuai dengan intensitas latihan atau dapat memotivasi para peserta kelas untuk dapat berolahraga lebih keras.

Walaupun tidak tahu secara pasti tempo yang tepat, para instruktur setidaknya mengetahui apa yang dapat membantu peserta kelas mereka untuk dapat lebih semangat dalam menjalani latihan.

Mendengarkan musik yang upbeat ternyata dapat membantu seseorang saat berolahraga. Sebab, musik yang tepat dapat membuat seseorang merasa lebih bersemangat dan termotivasi untuk melakukan aktivitas fisik atau olahraga, sehingga manfaat yang didapat akan lebih besar dan aktivitas yang dilakukan dapat lebih maksimal. Yuk, putar musik upbeat favorit Anda dan mulai berolahraga!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *