Manfaat Yang Kamu dapat Jika Rutin Donor Darah

Sep 18th

Donor darah adalah aktivitas yang memiliki nilai kemanusiaan tinggi. ditinjau dari segi medis, donor darah bahkan terbukti dapat memberikan beragam manfaat bagi kesehatan tubuh orang yang melakukannya.

Ya, donor darah tak hanya berharga bagi mereka yang membutuhkan. Aktivitas positif ini juga mampu membuat orang yang melakukannya secara rutin merasakan manfaat sehatnya.

Dalam rangka menyambut Hari Palang Merah Indonesia, Anda perlu mengenali beragam manfaat dari melakukan donor darah. Beberapa manfaat yang dimaksud adalah sebagai berikut:

Menurunkan risiko penyakit jantung

Penderita darah kental lebih berisiko terkena penyakit jantung. Sebab, bentuk darah yang kental meningkatkan kemungkinan terjadinya gesekan antara darah dan pembuluh darah. Jika kondisi ini terjadi terus-menerus, dinding pembuluh darah jantung akan rusak sehingga menyebabkan gangguan pada jantung.

Nah, bagi pendonor yang memiliki darah kental, aktivitas donor darah yang dilakukan secara rutin mampu menurunkan risiko penyakit jantung di masa mendatang.

Membuang zat besi yang berlebihan

Zat besi dibutuhkan oleh tubuh untuk membentuk sel darah merah. Namun, apabila jumlahnya berlebihan, zat besi akan menumpuk di pembuluh darah, liver dan jantung.

Kondisi tersebut bisa dicegah dengan melakukan donor darah kadar secara rutin. Sebab, aktivitas tersebut dapat “membuang” zat besi berlebih di dalam tubuh sehingga jumlahnya lebih stabil.

Menurunkan risiko kanker

Tubuh dengan kadar zat besi terlalu tinggi lebih mungkin dihinggapi oleh radikal bebas. Kondisi ini membuat tubuh rentan terkena penyakit, tak terkecuali kanker.

Dengan melakukan donor darah secara rutin, kondisi tersebut bisa teratasi. Karena seperti yang telah disampaikan, donor darah mampu mencegah penumpukan zat besi dan membuat kadarnya lebih stabil.

Menurunkan berat badan

Sedang dalam program menurunkan berat badan? Cobalah lakukan donor darah secara rutin. Fakta menyebutkan bahwa donor darah rutin yang dikombinasikan dengan pola makan bergizi seimbang dan olahraga secara teratur lebih efektif dalam menurunkan berat badan.

Pemeriksaan kesehatan gratis

Untuk mencegah penularan berbagai infeksi di dalam tubuh, petugas kesehatan akan melakukan pemeriksaan bagi Anda yang ingin donor darah. Pemeriksaan tersebut meliputi pemeriksaan berat badan, tekanan darah dan suhu tubuh. Anda yang hendak donor darah juga mendapatkan pemeriksaan keadaan darah dan penyakit menular secara gratis, lo!

Banyak sekali manfaat yang bisa diberikan donor darah bagi orang yang melakukannya secara rutin. Jika Anda tertarik dengan manfaat tersebut dan terpicu untuk rutin donor darah, beberapa syarat yang wajib dipenuhi adalah:

Terbukti sehat secara jasmani dan rohani setelah dilakukan pemeriksaan kesehatan Berusia 17–65 tahun Berat badan minimal 45 kilogram Kadar hemoglobin lebih dari 12,5 gr% sampai dengan 17,0 g% Tekanan darah sistolik 100–170 mmHg dan diastolik 70–100 mmHg Denyut nadi antara 50–100 kali per menit Suhu tubuh antara 36,6–37,5 derajat Celsius Tidak mengalami gangguan pembekuan darah Belum pernah melakukan donor darah dua bulan sebelumnya Tidak melakukan donor darah lebih dari enam kali dalam satu tahun Tidak memiliki riwayat penyakit jantung, paru, tekanan darah tinggi, diabetes melitus, epilepsi, hepatitis B dan C, sifilis, HIV, atau ketergantungan narkoba.

Jika Anda memenuhi semua syarat dan termasuk ke dalam kategori yang diperbolehkan untuk donor darah, berikut beberapa hal yang perlu dilakukan sebelum tindakan:

Makan teratur dengan menu sehat dan bergizi seimbang
Tidur yang cukup, minimal 4 jam sebelum 
Banyak minum air putih hingga 3 hari ke depan 
Hindari melakukan aktivitas fisik 5 jam setelah mendonorkan darah 
Cukupi kebutuhan zat besi harian dengan mengonsumsi daging sapi, ikan, brokoli, atau sayuran hijau.

Jangan sungkan untuk melakukan donor darah secara rutin. Bagi Anda yang ingin merasakan semua manfaat yang ditawarkan, lakukanlah donor darah setiap tiga bulan sekali untuk pria dan empat bulan sekali untuk wanita. Jangan sungkan untuk berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, agar segala niat baik dan tujuan melakukan donor darah benar-benar tercapai.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *