Cara Cepat Mengatasi Mata Merah

Sep 23rd

Jika anda mengalami mata merah, ada beberapa hal yang harus anda lakukan sebagai berikut.

Kondisi mata merah memang bisa sangat menganggu. Meski tidak selalu menimbulkan rasa gatal, namun mata merah bisa membuat Anda yang mengalaminya merasa tidak nyaman. Untuk itu Anda perlu mengetahui cara-cara untuk mengatasi mata merah sebagai langkah pertolongan pertama yang bisa Anda lakukan. Memang sih, tidak akan seketika menyembuhkan sakit mata, tapi setidaknya bisa mengurangi mata merah yang Anda alami.

Namun meski Anda sudah mengetahui sejumlah cara untuk mengatasi kondisi mata merah, Anda sebenarnya masih perlu konsultasi dengan dokter spesialis mata, Hal ini penting untuk dilakukan agar Anda bisa memperoleh terapi lanjutan yang tepat sesuai dengan penyakit mata yang menjadi penyebabnya.

Pada dasarnya penyebab merah pada mata lebih disebabkan oleh pelebaran pembuluh darah atau perdarahan. Pada kondisi tersebut biasanya terjadi pecahnya pembuluh darah. Hal ini tentu membutuhkan terapi yang sangat berbeda, salah satunya dengan mengompres mata.

Kompres pada mata

Melakukan kompres pada kelopak mata sering kali menjadi saran yang juga diberikan oleh dokter spesialis mata. Namun terkadang Anda mengalami kesulitan untuk menentukan kapan harus melakukan kompres dingin dan kapan melakukan kompres hangat. 

  1. Kompres hangat

Kompres hangat dibutuhkan pada kondisi mata merah yang disebabkan oleh mata kering atau adanya sumbatan kelenjar pada kelopak mata seperti pada kasus bintitan.

Kompres dapat dilakukan sebanyak 4 kali dalam sehari dan dapat dilakukan selama sekitar lima menit pada kelopak mata dengan posisi mata tertutup. Proses ini dapat membantu meningkatkan produksi minyak yang dapat membantu melembapkan mata.

  1. Kompres dingin

Kompres dingin dapat membantu mengatasi reaksi peradangan yang terjadi pada mata yang salah satunya dapat disertai dengan gejala bengkak dan gatal pada mata. Sangat tidak disarankan melakukan kompres dengan suhu yang terlalu dingin ataupun terlalu panas karena berisiko memperberat gejala yang dialami. 

Selain dengan kompres mata, pemberian air mata buatan dalam bentuk obat tetes mata dapat membantu melembapkan mata. Cara ini bisa membuat mata terasa lebih nyaman dan mengurangi gejala yang dirasakan. 

Hindari kebiasaan ini ketika mengalami mata merah

Ketika sedang mengalami mata merah, mata akan terasa sangat tidak nyaman. Oleh karena itu, sebaiknya untuk sementara hindarilah beberapa kebiasaan yang bisa memperparah gejala sakit mata yang dialami, seperti:

  • Memakai gawai secara berlebihan

Ketika menggunakan gadget dalam jangka waktu cukup lama, terkadang kita akan terlalu fokus sehingga tanpa disadari refleks berkedip akan semakin menurun. Hal ini dapat menyebabkan mata tidak terlubrikasi dengan baik, sehingga dapat meningkatkan kekeringan pada mata dan memperberat kondisi mata merah. 

  • Memakai make up di sekitar mata

Ketika sedang mengalami mata merah, mata akan lebih sensitif sehingga ketika terkena make up yang merupakan benda asing akan semakin mudah terasa tidak nyaman dan tidak menutup kemungkinan memperberat kondisi mata merah.

  • Duduk terpapar langsung dengan AC

Terpapar langsung dengan AC bisa meningkatkan risiko terjadinya mata kering. Selain itu, aliran udara dari AC maupun kipas juga dapat meningkatkan risiko terkena benda asing seperti debu dan infeksi lainnya yang dapat memperberat kondisi mata merah.

Ketika berada di luar rumah juga sangat disarankan untuk menggunakan kacamata sebagai pelindung mata dari debu atau benda asing lain. Menjaga kebersihan mata juga dapat sangat membantu mencegah perburukan sakit mata yang dialami.

Kapan harus ke dokter spesialis mata?

Cara di atas dapat dilakukan jika mata merah tidak disertai dengan keluhan penyerta lain. Beberapa kondisi yang bisa menyertai mata merah antara lain penurunan ketajaman penglihatan, nyeri pada mata, trauma atau benturan pada kepala, terkena larutan kimia dan memiliki riwayat operasi mata.

Jika terdapat salah satu dari gejala tersebut, segera periksa ke dokter spesialis mata terdekat. 

Berbagai cara tersebut dapat dilakukan untuk mengatasi kondisi mata merah. Namun hal ini tidak dapat menggantikan peran dokter spesialis mata karena pengobatan harus dilakukan berdasarkan penyebab yang mendasari keluhan mata merah. Oleh sebab itu, sangat diperlukan pemeriksaan secara langsung dan keseluruhan oleh dokter spesialis mata sehingga dapat memperoleh terapi yang tepat. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *