Buah Buah Yang Kaya Akan Potasium

Sep 18th

Pisang adalah buah yang terkenal sebagai sumber potasium. Buah pisang berukuran sedang diketahui mengandung 425 mg potasium. Namun, tak cuma pisang, banyak buah kaya potasium yang tak kalah enak dan sehat untuk dikonsumsi.

Pada dasarnya, kandungan potasium bermanfaat baik untuk metabolisme dan kerja tubuh. Potasium sendiri lebih dikenal dengan istilah kalium di Indonesia. Kalium (K) adalah salah satu mineral yang didapatkan dari makanan dan zat ini juga merupakan elektrolit yang dibutuhkan tubuh selain sodium/natrium (Na) dan klorida (Cl).

Delima

Buah delima atau biasa dikenal dengan istilah pomegrenate adalah salah satu buah yang kaya akan potasium. Menurut data dari Northwestern Memorial Hospital, setengah cangkir jus buah delima mengandung potasium sebanyak 355 mg.

Biji-bijian berwarna merah yang terdapat dalam buah ini juga mengandung 205 mg potasium setiap setengah cangkirnya. Selain potasium, buah ini juga tinggi kandungan antioksidan anthocyanin, folat, vitamin C, E, dan K.

Alpukat

Alpukat terkenal karena mengandung lemak baik, yaitu asam oleat yang diketahui dapat mengurangi proses peradangan hingga terjadinya kanker. Buah yang dijadikan bahan makanan di beberapa negara ini juga dapat menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik yang akan berdampak untuk mencegah penyakit jantung dan pembuluh darah.

Selain manfaat di atas, menurut beberapa data, kandungan potasium pada alpukat juga diketahui bisa lebih tinggi dari buah pisang. Setiap setengah cangkir, alpukat mengandung 355 mg potasium.

Kismis

Buah kismis mengandung tinggi gula untuk mengembalikan tenaga. Hal ini baik karena dikombinasikan dengan kandungan serat yang cukup banyak pada kismis. Selain itu, buah ini mengandung antioksidan fenol dan polifenol untuk mencegah kanker, penyakit jantung, dan stroke.

Kandungan mineral lain, seperti zat besi dan kalsium juga banyak terkandung pada buah kecil ini. Untuk kadar potasium, seperempat cangkir kismis mengandung 310 mg.

Persik

Buah yang mempunyai rasa manis dan asam ini merupakan salah satu buah yang mengandung tinggi potasium. Setiap satu buahnya mengandung sekitar 285 mg potasium. Buah persik juga mengandung antioksidan dan tinggi vitamin C, yang bermanfaat bagi kesehatan kulit, imunitas, serta mencegah radikal bebas membuat masalah dalam tubuh.

Plum

Buah berwarna biru gelap ini memang kurang umum dikonsumsi masyarakat Indonesia. Namun, seperempat buah plum yang sudah dikeringkan atau setengah cangkir jus plum mengandung 350 mg potasium.

Deretan buah kaya potasium di atas tidak kalah dibandingkan pisang. Karena itu, tidak ada salahnya Anda memvariasikan pisang dengan buah-buahan di atas sebagai asupan harian Anda. Dengan begini, semakin bervariasi pula vitamin dan mineral yang didapatkan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *