BAHAYA, Ada Ribuan Aplikasi Berbahaya di Google Play Store

Oct 4th

Dengan kemajuan teknologi saat ini, membuat aplikasi yang bisa di upload ke playstore menyebabkan menjamur nya aplikasi di play store, Pengguna Smartphone di manjakan dengan bermacam aplikasi yang mendukung mereka memaksimalkan manfaat dari smartphone yang di gunakan.

Hal tersebut di atas mengundang segelintir developer nakal untuk membuat aplikasi-aplikasi yang di buat dengan tujuan kejahatan di tambah banyak nya orang awam yang hanya tau menggunakan nya aja sehingga celah kejahatan bisa dengan mudah masuk ke smartphone mereka.

Sebuah penelitian yang dilakukan sebuah tim independent menunjukan hasil yang mencengangkan, ada sekitar 2000an lebih aplikasi yang berbahaya dari mulai adware sampai malware yang sangat berbahaya bagi keamanan data pribadi pengguna smartphone.

Menurut laporan University of Sydney dan Data61 dari CSIRO, aplikasi tersebut akan meminta akses perijinan yang mencurigakan serta ada pula yang langsung menanamkan malware di smartphone.

Penelitian yang dilakukan terhadap sekitar 1 jutaan aplikasi di Play Store itu juga menemukan adanya aplikasi fake yang meminta perijinan yang tidak sesuai, contohnya aplikasi gim terkenal Hill Climb Racing dan Temple Run.

Para peneliti menggunakan jaringan neural dan mesin pembelajaran. Algoritmanya disusun untuk mencari deskripsi teks yang sama dan ikon yang secara visual mirip dengan 10.000 aplikasi paling populer di Play Store. Hasilnya, ditemukan 49.608 potensi virus dan malware.

Sekitar 7.246 aplikasi ditandai sebagai malicious alias berbahaya dan 2.040 diantaranya ditandai sebagai aplikasi fake dengan resiko bahaya yang tinggi.

Sementara, aplikasi yang telah terdeteksi tersebut sudah dihapus oleh tim Google.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *